Deal Keren hari ini

http://www.dealkeren.com/jakarta/invitation/?s=30361a9dfdb17c1885a833e78303ebdd

Minggu, 02 Maret 2008

simple 4P


ya ini adalah strategi yang paling sederhana dari marketing yaitu 4p (product price promotion place). strategi ini merupakan elemen-elemen dari bauran pemasaran untuk menentukan target pasar atau targeting. Di dalam targeting ini keempat bauran pemasaran tersebut terintegrasi sebagai suatu sistem tidak dapat terpisahkan.

product adalah untuk menentukan product apakah yang akan kita pasarkan apakah itu dalam bentuk mass product atauoun dalam bentuk customize product yang tentunya sangat berbeda satu sama lain untuk mass product tentu biaya produksinya lebih murah karena diproduksi secara massak sehingga biaya pokoknya pun dapat ditekan sehingga dapat memaksimalkan keuntungan tetapi kelemahannya mass product ini dapat sangat mudah ditiru, berbeda dengan customized product yang memerlukan biaya produksi yang besar karena produk dibuat berdasarkan oleh keinginan konsumen atau sesuai keinginan pasar melalui proses yang lama dan melalui survay pelanggan.

price adalah bauran pemasaran harga dimana terbagi menjadi common price dan premium price. common price disini adalah apabila produk yang dipasarkan adalah produk massal dan banyak pemain di dalam pasar sehingga harga yang diterapkan sekompetitif mungkin supaya perusahaan tidak ditinggalkan oleh konsumen. selain itu terdapat beberapa perusahaan yang memasarkan produknya dengan strategi premium price karena produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini memang benar-benar berkualitas sehingga perusahaan dapat mematok harga premium pada produknya karena hal ini sangat berbanding lurus dengan kualitas yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. sehingga konsumen yang mencari kualitas tersebut tidak akan keberatan membayar produk dengan harga yang premium..

place adalah bauran pemasaran yang juga tidak kalah pentingnya karena dengan tempat yang strategis ini dapat menentukan posisi persaingan dan tempat yang strategis pasti yang menang. tempat strategis selain diposisikan dekat dengan pasar atau customer melainkan pula dapat diposisikan dekat dengan bahan baku atau pemasok

promotion adalah baurah pemasaran yang cukup signifikan karena dengan promotion ini dapat mengenalkan produk baru kepada pelanggan serta dapat meningkatkan brand awareness pelanggan yang nantinya akan meningkatka repeat buying suat produk. dimana bisa melakukan promotion secara above the line melalui media premium seperti iklan di tv dan radio serta majalah atau secara below the line melalui selebaran poster dan event marketing.

jadi 4p ini di di dalam marketing adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan

2 komentar:

Anonim mengatakan...

saya tidak tahu banyak mengenai marketing dan bahasan-bahasan sejenisnya, tetapi variabel-variabel yang diangkat untuk menggambarkan konsepnya sangat jelas, hal menarik lainnya dari tulisan ini adalah kekuatan pemikiran dari ahli marketing yang disarikan, dirangkai tanpa menghilangkan kehakikian dan keuniversalan tulisan aslinya, ehem.... seperti skripsi ya...

Anonim mengatakan...

malem Bapak... boleh saya belajar banyak dari anda.... next time saya pingin sharing dan bertanya tentang banyak hal