Deal Keren hari ini

http://www.dealkeren.com/jakarta/invitation/?s=30361a9dfdb17c1885a833e78303ebdd

Sabtu, 08 Maret 2008

Customer Satisfaction

kalau anda sebagai pelaku usaha, pastinya anda akan sangat senang sekali melihat pelanggan anda menjadi bahagia dan senang terhadap produk dan service anda. bagaiamana anda dapat melakukan hal tersebut ???

kita mulai degan apa itu yang dimaksud dengan customer satisfaction ???? kepuasan pelanggan (customer satisfacion), secara harafiah punya makna yang tetap, yaitu suatu keadaan dimana keinginan, harapan, dan kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi. namun perlu disadari disini bahwa sifat dari customer satisfaction ini tidak lah tetap atau tidak statis. kenapa ?? dia akan berubah dari waktu ke waktu, karena harapan pelanggan terhadap suatu produk atau jasa tidak akan pernah sama, bisa naik atau bahkan bisa turun.

berpatokan pada fakta diatas, dunia bisnis pun berkompetisi membuat pelanggannya lebih puas dan tak berpaling ke produk lain. sistem pelayanan pelanggan yang mengarah ke kepuasan pelanggan diterapkan, bahkan ada perusahaan yang menciptakan divisi khusus untuk mengurusi hal ini.

kepuasan pelanggan merupakan strategi jangka panjang, yang hasilnya tidak dapat dilihat dalam sekejap mata melainkan memerlukan proses dan usaha yang berkesinambungan.

di dalam kepuasan pelanggan kadang persepsi mengalahkan realistas, jadi selain memberikan kenyataan yang baik, merek juga harus dapat membentuk persepsi yang positif dimata pelanggannya.

Strategi kepuasan pelanggan ini haruslah dapat diarahkan dengan upaya mengolah perilaku konsumen sedemikian rupa, sehingga dapat mendongkrak pangsa pasar, dengan adanya repeat buying

dengan gambar diatas dapat dijelaskan secara sederhana dan simpel, karena sesuai dengan judul blog ini, yang simpel-simpel saja, marketing jangan dibikin susah.

kalau dari gambar diatas ada tiga dimensi yang dapat mendeliver suatu kepuasan pelanggan
  1. pertama adalah kualitas, dengan menciptakan suatu produk dan jasa yang tentunya berkualitas dan dapat memenuhi setiap kebutuhan pelanggan karena itulah intinya. konten dan konteks dari suatu produk harus sesuai dengan keinginan pelanggan. hal ini bisa dicapai dengan melakukan inovasi secara terus menerus terhadap produk dan jasa anda. tapi ingat "being good is not longer enough, you have to be good and different" apa artinya anda harus selalu menciptakan value yang membuat produk atau jasa anda berbeda dengan yang lain karena hal ini secara otomatis akan berpengaruh langsung terhadap perilaku konsumen.
  2. kedua adalah harga, hal ini sangat penting karena pelanggan sangat responsif dan sensitif terhadap hal yang satu ini, kenapa demikian ? karena harga yang "reasonable dan affordable" memang yang selalu diingankan oleh pelanggan, tentunya dengan kualitas barang yang baik juga. karena sekarang ini semakin banyak pilihan barang dan jasa. maka konsumen akan cenderung sekali menjadi seorang "konsumen pemilih", pilihan yang tak terhingga ini nantinya akan menimbulkan "paradox of choice". kini pelanggan maunya "free, now dan perfect". jadi buatlah harga yang kompetitif yang sesuai dengan kualitas dan service dari produk dan jasa anda.
  3. ketiga adalah delivery, yang dimaksud dengan delivery disini bukanlah delivery service seperti di fast food melainkan kemampuan perusahaan untuk merespon. misalnya kecepatan perusahaan dalam merespon komplain, mendengarkan pelanggan, kecepatan dalam inovasi produk, dan pelanggan mudah mendapatkan produk tersebut di pasaran karena volume produksi cepat dan produk pasti akan selalu tersedia di pasar. dan contoh lainnya mengenai kecepatan informasi tentang produk yang bersangkutan promo dan lain sebagainya.
jika ketiga hal diatas anda terapkan percayalah maka tidak mungkin anda mengatakan bahwa mencapai kepuasan pelanggan itu susah.

INGIN PELANGGAN ANDA LOYAL, MAKA PUASKANLAH MEREKA!!!!!

Tidak ada komentar: