gambar atau diatas ada benarnya tertulis disana bahwa "branding it's all about trust" karena branding adalah soal kepercayaan. hal inilah yang diharapkan dari setiap pemilik produk atau merek "trust" terhadap produk mereka karena kalau kepercayaan sudah terbangun tidak akan susah lagi dalam membangun merek dan meningkatkan repeat buying dari customer.
apakah sebenarnya yang disebut dengan brand atau merek????? merek adalah identitas dari suatu produk yang membedakan karakteristik antara produk yang satu dengan produk yang lainnya yang dapat mengungkapkan atau menampilkan content dan contex dari suatu produk.
merek atau brand sampai kapanpun memang hal yang vital dan punya arti yang sangat penting dalam strategi produk karena pemberian merek adalah seperti memasukkan "soul", sehinggal produk memiliki jiwa yang terus tumbuh berkembang. tanpa merek, produk tidak memiliki arti lagi.
brand atau merek ini dapat diukur dengan indikasi brand value (BV) yang indikatornya berupa aspek popularitas merek (brand awareness), popularitas iklan (ad awareness), kepuasan (satisfaction), penguasaan pasar (market share) dan gain index
saya lebih senang bermain dengan kerangka berpikir seperti diatas memang marketing lebih menarik dan lebih enak digambarkan dengan bagan-bagan seperti diatas. gambar diatas adalah cara simpelnya membangun suatu brand yaitu :
- langkah simpel pertama adalah dengan membangun emotional connection, hal ini dilakukan supaya merek anda mempunyai hubungan emosional dengan pelanggan artinya anda menciptakan produk bukan hanya untuk memenuhi kebutuhannya saja tetapi juga membuat pelanggan bangga dengan produk yang anda ciptakan atau pasarkan
- Langkah simpel kedua adalah dengan memberikan value kepada produk anda, sehingga customer yang membeli produk anda mendapatkan tingkat kepuasan yang advance, sehingga akan melakukan repeat buying terhadap produk anda
- langkah simpel ketiga adalah dengan membangun akses pelanggan ke merek, artinya pelanggan tidak susah mendapatkan produk anda dan dengan gampang berinteraksi dengan produk untuk pengembangan produk dan komplain.
- langkah simpel keempat adalah dengan meningkatkan awareness terhadap merek anda hal ini bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan marketing promotion dan kegiatan CSR sehingga merek anda benar-benar tertanam di benak konsumen dan akan gampang menstimulasi konsumen untuk membeli produk anda.
- langkah simpel kelima adalah dengan meningkatkan differentiation terhadap merek anda sehingga pelanggan merasa yakin bahwa produk anda memang benar-benar berbeda dengan produk pihak lain yang dapat memuaskan konsumen secara customized
beberapa mitos penting dalam mengembangkan merek:
- membangun merek membutuhkan lebih dari sekedar iklan yang agresif dan persepsi pertama di benak pelanggan (top of mind)
- membangun merek adalah soal fokus dan dilakukan dalam jangka panjang, sedangkan mendapatkan sales adalah jangka pendek dan tidak perlu fokus
- membangun merek adalah membangun persepsi
LONG LIVE BRANDING !!!!!!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar