Deal Keren hari ini

http://www.dealkeren.com/jakarta/invitation/?s=30361a9dfdb17c1885a833e78303ebdd

Sabtu, 08 Maret 2008

how to be a "market leader" and make it longer !!

hari ini adalah hari minggu, dan tepat seminggu saya sudah mengisi waktu luang saya disamping kegiatan sehari-hari kerja. o iya terima kasih atas segala saran dan masukannya di kolom chit-chat, dengan hal tersebut membuat saya menjadi lebih bergairah lagi untuk menulis dan menuangkan ide-ide saya dan membuat marketing menjadi simpel dan menyenangkan.

anda pasti bertanya-tanya, kok ada gambar pin bowling diatas apa hubungannya dengan sesuatu yang akan kita bicarakan hari ini. hari ini adalah kita berbicara tentang strategi bagaimana meraih posisi puncak di pasar atau market leader yang bisa diukur melalui besarnya pangsa pasar. pin-pin bowling diatas itu saya gambarkan sebagai produk-produk yang bersaing di dalam relevant market yang sama, yang bersaing menjadi nomor satu di pasar dan terdepan, bagaimanakah cara melakukannya ??????

banyak strategi untuk menjadi market leader, namun beberapa langkah simpel dibawah juga akan dapat membantu anda untuk menjadi market leader strategi seperti yang digambarkan diatas adalah sebuah "continous strategy" yang dapat dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan.
  1. pertama, adalah dengan menentukan konten dan konteks dari produk anda, yang dimaksud dengan konten produk disini adalah value dari produk anda atau apakah yang anda tawarkan kepada konsumen. apakah anda menawarka sesuatu yang berbeda dari yang lain, karena hal ini adalah sangat penting karena akan menghindarkan produk anda keluar dari komoditas yang amat sangat akan menjenuhkan di pasar. yang dimaksud konteks produk adalah bagaimana cara anda menawarkan menawarkan produk di pasar, pelajarilah perilaku dan kebiasaan dari konsumen anda dan libatkanlah mereka di dalam penawaran produk anda
  2. kedua adalah dengan mengakuisisi pelanggan, setelah anda menentukan konten dan konteks produk anda langkah selanjutnya adalah dengan menstimulasi pelanggan untuk menggunakan produk anda sehingga akan terjadi suatu "customer acquisition". hal ini seperti kegiatan marketing dan kegiatan customer relationship management (CRM)
  3. ketiga adalah dengan menggenjot sales, hal ini dapa dilakukan dengan memperkuat distributor, karena hal ini sangat penting dimana anda dapat melakukan hal ini dapat membuat produk anda dekat dengan konsumen karena konsumen sangat gampang mendapatkan produk anda di pasaran.
  4. keempat adalah dengan melakukan inovasi produk dan service, anda harus terus melakukan inovasi produk dan service yang anda berikan kepada konsumen. jangan hanya puas sampai disitu saja. karena hal ini akan membuat pelanggan mengerti anda akan terus melakukan yang terbaik untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan pelanggan.
tidak cukup hanya melakukan empat hal diatas saja untuk menjadi seorang market leader anda haruslah dapat mengintegrasikan internal fokus dan external fokus dari perusahaan anda.

  1. external fokus adalah fokus terhadap kondisi lingkungan yang mempengaruhi kondisi suatu perusahaan secara external misalnya fokus terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan stakeholder dan fokus kepada pelanggan dan tentunya fokus pada organisasi hal ini haruslah terus dilakukan adaptasi karena lingkungan akan terus berubah. selanjutnya adalah menentukan misi dan visi serta tujuan perusahaan yang tentunya untuk dalam dan luar perusahaan ini harus direncanakan dan dijalankan secara stabil
  2. internal fokus adalah fokus terhadap lingkungan internal perusahaan yang dapat menguatkan fundamental perusahaan dan membuat perusahaan solid dalam menghadapi berbagai tantangan di pasar yang semakin hari semakin berat. dalam intenal fokus ini perusahaan dapat melakukan empowerement terhadap SDM perusahaan, melakukan team orientation agar tim dapat selalu bekerjasama dengan baik, melakukan peningkatan kemampuan perusahaan. menguatkan nilai-nilai dasar perusahaan, dan melakukan koordinasi dan integrasi internal. internal fokus ini harus dijalankan secara terus menerus dan konsisten
jika anda melakukan hal tersebut secara terus menerus dan konsisten maka anda akan menjadi seorang market leader yang disegani di pasar.

pertanyaannya adalah bagaiamanakah cara anda mempertahankan posisis market leader. berikut adalah strategi untuk membuat posisi anda sebagai market leader tetap bertahan :
  1. pertama operational excellence, pemimpin pasar harus terus melakukan perbaikan dalam proses bisnisnya sehingga infrastrukturnya dapat selalu lebih efisien dan efektif dibanding dengan kompetitor, dengan operational excellence kita bisa tetap lebih unggul dalam praktik operasional sehingga cost structure kita selalu lebih rendah.
  2. kedua inovasi produk, pemimpin pasar harus menjadi inovator dalam produk, layanan pelanggan,dan dalam menciptakan value kepada pelanggan. mengapa inovasi penting untuk memimpin pasar ? secara natural, semua produk (walaupun inovasi) akan menjadi komoditas. dengan berinovasi, kita tetap menjadi unik dan berbeda dibanding kompetitor. "it is better to becomes a little bit different rahter than to becomes a little bit better", dengan inovasi kita akan terus menciptakan standar baru di dalam kompetisi.
  3. ketiga customer intimacy, perusahaan yang memimpin pasar harus tetap mempertahankan, bahkan meningkatkan, tingkat keintimannya dengan konsumen. customer intimacy inilah yang akan menjadikan konsumen kita tetap loyal. jika kita bisa menciptakan keintiman dengan konsumen melalui program promosi, produk kita akan tetap menjadi top of mind di benak mereka.
bagaimana menarik bukan ???? marketing memang ilmu yang dinamis dan saya akan tetap membuatnya simpel bagi anda....


1 komentar:

Fajar mengatakan...

om, artikelny bagus2 :)

kenalin om, nama sy fajar. sy mahasiswa jurusan sistem Informasi, tapi anehnya sy malah tertarik dgn yg namany marketing bukannya rancang bangun sistem, izin ber guru boleh nggak om ? :)

izin copy juga ya artikelnya buat belajar lagi nih, terima kasih :)