Deal Keren hari ini

http://www.dealkeren.com/jakarta/invitation/?s=30361a9dfdb17c1885a833e78303ebdd

Sabtu, 08 Maret 2008

Community Marketing

Yup, gambar diatas adalah gambar sebuah komunitas toyota avanza yang sedang berkumpul mengadakan suatu acara atau kegiatan kumpul-kumpul. anda pasti bertanya-tanya mengapa saya memunculkan gambar ini ?? karena kita sekarang akan berbicara tentang marketing strategi yang salah satunya adalah dengan memanfaatkan komunitas.

konsep pemasaran moderen yang diintroduksi oleh philip kotler pada 1970-an masih mendominasi pola pikir baik akademisi maupun praktisi pemasaran. dalam konsep ini perusahaan dituntut memiliki ketrampilan meracik kebutuhan konsumen. bagi perusahaan yang dianggap lebih efisien dan efektif meracik kebutuhan konsumen, mereka akan menang di dalam persaingan. dalam hal ini konsumen hanya dijadikan objek saja oleh perusahaan yang tidak berpartisipasi aktif dalam penciptaan nilai. namun dari sini lahir konsep seperti customer satisfaction, customer value, customer loyalty, customer relationship management, dan sebagainya.

peran aktif konsumen sangatlah penting di dalam penciptaan nilai suatu produk. konsumen cenderung lebih independen di dalam menentukan produk ataupun cara mengkonsumsi produk. perubahan perilaku yang terjadi didorong oleh perkembangan komunitas konsumen.

perkembangan komunitas konsumen ini semakin hari semakin cepat dan fantastis serta semakin ekspresif dalam menunjukkan gaya mereka. dapat dilihat disini bahwa aktivitas sebuah komunitas berarti merupakan aktivitas sebuah merek. makin solid komunitas tersebut maka semakin solid pula merek tersebut.

dari hal ini dapat muncul teori konsumunitas yaitu proses konsumsi konsumen yang berpotensi membentuk komunitas konsumen, selanjutnya komunitas tersebut dapat memberikan kontribusi keuangan kepada produsen.

8 jurus membangun komunitas ala guy kawasaki
  1. ciptakan sebuah produk yang hebat, inilah kunci utama suksesnya penyebaran (evagelism), penjualan, demo, dan pembentukan komunitas.
  2. identifikasi dan rekrut thunderlizard, temukan segera konsumen-konsumen loyal yang bisa anda andalkan ini. mintalah kereka membangun komunitas. maka, mereka akan tersanjung dan membantu anda
  3. tugaskan seorang sebagai champion dalam membangun komunitas, dialah yang akan menjadi inspirator dan pembawa bendera kepentingan perusahaan ke komunitas.
  4. berilah orang itu hal yang konkret untuk diperbincangkan, artinya produk anda masih bisa dikustomisasi dan dikembangkan. karena itu sarankan insinyur amda jangan dulu membuat produk yang "sempurna". sekali produk anda diperbincangkan, susah menariknya lagi dari mereka.
  5. ciptakan sebuah sistem terbuka, meski terkesan teknis, maksudnya anda perlu menyediakan tool dan informasi untuk membedah produk anda.
  6. terima kritik dengan suka hati, ini hubungan jangka panjang, sehingga perusahaan jangan cepat-cepat "minta cerai" ketika baru saja ada satu tanda ketidaksukaan. sebaliknya, bila perusahaan terbuka untuk kritik, ikatan dengan komunitas akan makin kuat.
  7. dorong diskursus, pada level awal pembentukan komunitas, anda perlu menyediakan forum online sehingga pelanggan bisa terlibat dalam diskursus, satu sama lain ataupun dengan karyawan perusahaan. pada saat-saat penting, CEO anda pun harus berpartisipasi
  8. publikasikan kehadiran komunitas anda, sebab komunitas anda harus menjadi bagian integral dari upaya pemasaran dan penjualan anda.
pentingnya suatu komunitas dalam suatu merek atau produk :
  1. dapat dijadikan saran perusahaan untuk mendapatkan saran dan kritikan yang membangun perusahaan sehingga perusahaan dapat semakin mengembangkan produknya sesuai keinginan pelanggan yang akhirnya akan memuaskan pelanggan tersebut
  2. dapat dijadikan bukti keandalan produk anda dengan kompetitor dengan adanya existing komunitas yang menggunakan produk dan jasa anda
  3. berkontribusi positif terhadap arus kas perusahaan anda
  4. menarik pihak lain untuk bergabung dengan komunitas karena aktivitas yang menarik yang secara tidak langsung akan memperluas pangsa pasar anda
  5. dapat menciptakan awareness dan top of mind terhadap produk anda
  6. dapat dijadikan sebagai ajang promosi yang aktif bila dikelola secara baik
jadi sekaranglah saatnya anda mengelola komunitas yang menggunakan produk dan jasa yang anda hasilkan and it's totaly works !!!!!!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

bagus gan postingya dua jempol