Deal Keren hari ini

http://www.dealkeren.com/jakarta/invitation/?s=30361a9dfdb17c1885a833e78303ebdd

Minggu, 09 Maret 2008

bermain strategi !!!


waktu mandi sore-sore saya mendapatkan ide untuk menulis tentang strategi di bidang marketing. saya memang sering mendapat ide pada waktu yang tak terduga hehe.. sebenarnya postingan sebelumnya juga merupakan beberapa strategi di dalam marketing, tetapi sekarang yang akan kita bicarakan adalah tentang memodifikasi strategi marketing dari beberapa strategi yang ada, bermain bongkar pasang dan mix match memang menyenangkan. bermain strategi tak ubahnya seperti kita bermain catur. kita menyiapkan langkah-langkah yang akan membuat "mati" pergerakan lawan, sehingga kita dapat mencapai tujuan perusahaan kita, yaitu untuk menjadi market leader dan mempertahankannya. mari kita mulai saja membangun strategi pemasaran yang simpel tapi mematikan.


gambar diatas merupakan strategi yang sederhana yang terdiri dari 3 senjata utama yaitu strategi, tactic dan value. dimana strategi dapat digunakan untuk produk yang terdiri dari empat instrumen yaitu segmentation targeting positioning dan differentiation. selanjutnya tactic yang terdiri marketing mix (product, price, promotion, place) serta selling/penjualan dan distribusi tactic ini dipergunakan untuk memperebutkan market share. dan value yaitu menggunakan brand untuk memperebutkan heart share dari konsumen. strategi tactic dan value tersebut berpatokan kepada analisis swot untuk analisis lingkungannya atau untuk menyesuaikan dengan kondisi lingkungan external perusahaan. bagaimana cara melakukannya ??? anda berpikir kok menjadi ribet ya ??? tidak sama sekali ini simpel mari kita lihat !!!!

yang pertama harus kita lakukan adalah melakukan analisis swot (strength, weakness, opportunity, threat) analisis swot ini digunakan untuk mengukur strategi yang akan kita gunakan nantinya cocok dengan kondisi lapangan atau kondisi perkembangan lingkungan yang dinamis saat ini. bagan analisis swot dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

lingkungan yang mempengaruhi di dalam membuat analisis swot dapat dilihat diatas yaitu lingkungan kompetitor, konsumen, supplier dan produk pelengkap (komplementer). dengan analisis swot ini kita menganalisis kekuatan perusahaan kita kelemahan perusahaan kita, ancaman yang menghadang perusahaan kita dan kesempatan yang dapat dimanfaatkan untuk kemajuan perusahaan yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan yang mempengaruhinya.

setelah kita memperoleh analisis swot dari perusahaan kita, saatnya kita bermain strategy, tactic dan value. caranya simpel sesuaikanlah elemen-elemen yang ada di dalam strategy tactic dan value dengan hasil dari analisis SWOT anda, pasti hasilnya akan menakjubkan

Tidak ada komentar: