Deal Keren hari ini

http://www.dealkeren.com/jakarta/invitation/?s=30361a9dfdb17c1885a833e78303ebdd

Kamis, 06 Maret 2008

STP = Segmenting Targeting Positioning

wah di medan lagi hobi hujan deres nich, tiap pagi sore pasti hujan untung gak banjir cuma sedikit banyak genangan-genangan air yang siap menganggu perjalanan anda pulang ke rumah karena kota medan ini sistem drainasenya kurang bagus.

Ya judul diatas adalah STP, ini bukan merek oli pelumas itu lho, tapi ini adalah basic dari marketing yaitu S = Segmenting T = Targeting P= Positioning yang kalau diutak - atik sesuai dengan kreativitas kita bisa menghasilkan berbagai macam strategi marketing yang jitu siap mengalahkan lawan-lawan anda !!!

kita mulai dengan segmenting, saya disini akan menggunakan bahasa yang familiar bukan bahasa akademisi yang kadang sering "njlimet" karena marketing itu simpel dan gak neko-neko tapi dahsyat sekali. udah gak usah banyak omong lagi, kita mulai aja pembahasannya segmenting disini adalah memetakan atau memilah pasar atau tempat kita menjual produk kita menjadi beberapa porsi atau segmen yang berbeda-beda. istilah gampangnya "meraba" pasar mudah gak terlalu vulgar ya. sebelum kita memasarkan produk baik berupa barang atau jasa yang akan kita pasarka hendaknya kita mensegmentasi pasar dahulu agar menjadi jelas kira-kira produk kita nantinya akan masuk ke pasar yang mana. hal ini sangat penting karena masing-masing pasar mempunyai karakteristik yang berbeda-beda yang belum tentu sama dengan karakteristik produk kita maka dari itu sangat penting sekali untuk pemetaan pasar ini. Kita dapat memisahkan pasar dengan berdasarkan kondisi geografis, kultural, kondisi ekonomis pasar itu sendiri. dengan segmentasi ini kita akan mendapatkan beberapa pasar yang memang cocok dengan karakteristik produk yang akan kita pasarkan.


langkah berikutnya adalah targeting. dari kata-katanya saja sudah bisa kelihatan target yang berarti membidik. setelah kita mendapatkan pemetaan pasar melalui proses segmenting diatas. langkah selanjutnya adalah targeting yaitu membidik pasar yang telah kita pilah-pilah diatas tentunya kita akan membidik pasar yang sesuai dengan karakteristik produk kita dan tentunya kondisi pasar yang kondusif serta kompetitif dan tak ketinggalan tentunya potensi pasar yang cukup besar agar dapat mendapatkan dan menentukan strategi eksekusi marketing yang tepat.


setelah kita mentarget atau membidik pasar yang akan kita masuki langkah selanjutnya adalah melakukan positioning yaitu melakukan kajian atau penelitian untuk memposisikan produk kita di pasaran diantara produk-produk yang sudah kalo disini kita bicara produk kita bukan sebagai innovate produk yang merupakan "new comer" di pasaran. langkahnya bisa menggunakan strategi perceptual mapping seperti yang dibawah ini

misalkan produk yang akan kita pasarkan adalah produk coklat seperti gambar perceptual mapping diatas. di pasaran kita telah mendapati beberapa produk-produk coklat yang telah terlebih dahulu memasuki pasaran kita pasti sebagai new comer di dalam pasar tersebut pastinya akan memposisikan produk kita agar dapat bersaing secara kompetitif dengan incumbent yang telah lama ada di pasaran. apakah kita akan memposisika dengan harga yang tinggi dan kualitas yang tinggi pula atau sebaliknya atau bahkan kombinasinya

selamat mencoba mengutak-atik strategi STP ini semoga bisa sedikit membantu

6 komentar:

Anonim mengatakan...

Blog yang bagus dan isinya bermanfaat, saya terinspirasi soal marketingnya. Silahkan mampir juga ke http://www.lifeschool.wordpress.com (The 1st Daily Updated Indonesian Blog)

rahayu tri bintari mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
rahayu tri bintari mengatakan...

thanks....bahasanya mudah dimengerti...good

sanur beach mengatakan...

dahsyat gan...strategi yang banyak dipakai dan wajib bagi pemasar yang ingin sukses dalam marketing..SUKSES!!

Suban Edyono mengatakan...

cocok sekali skg saya lagi membuat laporan KP di kampus saya mengenai analisis STP pada perumahan baru di Batam. Terima kasih atas materi anda yang "gaul" dan "simple". hehehe.. salam.

ddims mengatakan...

super sekali

silahkan mampir ke sini

untuk membantu masalah berat badan anda